Minggu, 16 Juni 2013

CARA MEMBERIKAN DAN MENGHILANGKAN PASSWORD FILE OFFICE

  1. Buat atau buka file dokument yang ingin kamu proteksi. Untuk tutorial kali ini saya menggunakan microsoft word, namun pada dasarnya prosesnya selalu sama di setiap program office lainnya.
  2. Lakukan proses penyimpanan dikument. Save jika dokument baru, Save As jika dokument yang sudah tersimpan sebelumnya.
    Proteksi File Office dengan password
  3. Pada tampilan berikut, klik Tool -> General Option
    cara melindungi file world dengan password
  4. Berikut tampilan General Option
    Proteksi File Office 3
    Password to Open : Password yang ingin kamu gunakan untuk membaca dokument saja.
    Password to modify : Password yang harus dimasukkan untuk dapat mengubah isi dokument. Masukkan password yang kamu inginkan, kemudian klik OK. Saat mengklik OK office akan mengconfirmasi password yang telah ditentukan sebelumnya.
    cara Proteksi File Office 4cara Proteksi File Office 5
  5. Simpan dokument seperti biasa.
  6. Untuk mencoba password, tutup dokument kemudian buka lagi. Dokument akan menampilkan pesan untuk memasukkan password. Pesan pertama akan meminta password untuk membuka file. Sedangkan pesan kedua meminta password untuk dapat mengubah file, kamu bisa mengklik Read Only jika hanya berniat membaca file.
    Proteksi File Office 6
    Proteksi File Office 7
  7. Sekarang file office kamu sudah terproteksi oleh password.
Pastikan kamu mengingat password yang sudah kamu tentukan. Karena kamu memerlukan password tersebut setiap kali membuka dokument.

Mengganti & Menghilangkan Password File Office

Jika suatu saat kamu ingin menghilangkan  atau mengganti password yang sudah ditentukan, ikuti langkah berikut.
  1.  Buka file kemudian Save As.
  2. Klik Tool -> General Option.
    Masukkan password yang kamu inginkan, atau hapus jika kamu berniat menghilangkan password.
    Proteksi File Office 3
  3. Simpan file dengan nama yang sama, kemudian ganti file lama kamu dengan file kamu yang baru.
  4. Selesai.

0 komentar: